Home » » CONTOH SL DAN SYARAT KELENGKAPAN

CONTOH SL DAN SYARAT KELENGKAPAN

 
    Kelengkapan Syarat Melamar Kerja. Setelah lulus kuliah atau lulus SLTA sebagian orang disubukkan untuk mencari pekerjaan baik di instansi pemerintah maupun di perusahaan swasta. Ada juga yang memilih membuka usaha sendiri, tapi hal itu membutuhkan modal dan keahlian.  Tanpa keahlian yang memadai bisa-bisa modal yang dikeluarkan habis ditengah jalan tanpa hasil yang sesuai harapan. Oleh karena itu hanya sedikit lulusan S1, D3 ataupun SLTA yang memilih berwirausaha sendiri.

Bagi yang ingin bekerja di instansi pemerintah ataupun perusahaan swasta juga tidak mudah seperti yang dibayangkan, tidak sebandingnya tenaga kerja dengan lowongan pekerjaan yang ada membuat persaingan dalam mendapatkan pekerjaan menjadi tidak sehat. Sebagaimana tulisan kami sebelumnya bahwa tidak sedikit pelamar yang rela mengeluarkan uang sogok demi lamaran pekerjaannya diterima, bila yang terjadi seperti ini maka persaingan dalam mendapatkan pekerjaan sudah tidak sehat lagi.

Namun jangan dulu patah semangat, tidak semua rekrutmen pegawai dilakukan dengan sistem sogok. Banyak juga penerimaan pegawai yang dilakukan dengan sportif dan transparant. Namun persaingan dalam hal ini pun cukup berat, banyak tenaga-tenaga terampil dan fresh yang menjadi saingan kita.
Oleh karena itu diperlukan langkah-langkah yang dapat mempermudah Anda dalam proses melamar pekerjaan, setidaknya Anda telah memiliki kelengkapan persyaratan melamar kerja standar yang harus dipenuhi. Pada kesempatan ini akan disajikan syarat dan kelengkapan dokumen apa saja yang harus dipenuhi seorang pelamar kerja.
 
1. Surat lamaran kerja dan daftar riwayat hidup (curriculum vitae)

Buatlah surat lamaran yang sesuai dengan bidang pekerjaan yang Anda tuju dengan kalimat yang baik dan menggunakan bahasa formal, tidak bertele-tele dan jelas. Bila membutuhkan contoh Anda bisa melihat pada tulisan sebelumnya mengenai Contoh SL

Disamping surat lamaran kerja yang menjadi persyaratan utama adalah Curriculum Vitae (CV) atau daftar riwayat hidup, pada dokumen ini berisi gambaran diri Anda termasuk profil pribadi, pengalaman kerja, prestasi dan lain-lain.

2. Fotokopi Ijazah/sertifikat yang dilegalisir.

Sebaiknya Anda telah mempersiapkan fotocopy ijazah atau sertifikat keahlian yang sudah dilegalisir lengkap dengan transkrip nilainya, hal ini sebagai penunjang dari Curriculum Vitae yang Anda isi. Untuk itu ketika melegalisir ijazah atau sertifikat keahlian usahakan dibuat agak banyak karena sering diperlukan dalam dokumen kelengkapan persyaratan melamar pekerjaan.

3. Fotokopy KTP

Perhatikan apakah masa berlaku KTP masih aktif atau sudah habis, segera perpanjang masa berlaku KTP ke Kelurahan bila sudah habis. Fotokopi secukupnya karena sering dipergunakan dalam proses lamaran pekerjaan. Hendaknya alamat yang tertera pada surat lamaran pekerjaan maupun CV sesuai dengan alamat yang tercantum dalam KTP


4. Pasfoto

Biasanya instansi yang membuka lowongan kerja meminta pasfoto dengan beberapa kriteria seperti ukuran, busana yang dikenakan dan latar belakang pasfoto. Oleh karena itu sebaiknya disiapkan pasfoto dengan ukuran 2x3, 3x4 dan 4x6cm dan usahakan saat foto Anda mengenakan jas dan dasi bagi laki-laki dan blazer bagi wanita, kemudian latar belakang yang umum biasanya berwarna merah atau biru. Tapi tidak ada salahnya juga dipersiapkan latar belakang putih dan pasfoto hitam putih dengan ukuran seperti tersebut di atas.


5. Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK)

SKCK atau dulu dikenal dengan Surat Keterangan Kelakuan Baik juga merupakan salah satu dokumen yang dibutuhkan dalam proses penerimaan lamaran pekerjaan, untuk itu persiapkan juga fotokopi SKCK yang sudah dilegalisir karena biasanya masa berlaku SKCK adalah 6 bulan.


6. Surat Keterangan Berbadan Sehat dari Dokter

Meski biasanya persyaratan ini baru dilengkapi setelah lulus pada tahap awal proses rekrutmen tapi tidak ada salahnya bila Anda telah mempersiapkannya, dan siapa tahu ada instansi/perusahaan yang mempersyaratkan Surat Keterangan Berbadan Sehat ini.

7.Kartu Kuning (AK-1) Kemenakertrans

Kartu kuning (AK-1) yang dikeluarkan Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi ini biasanya wajib dimiliki pelamar kerja terutama di Instansi Pemerintah. Kartu kuning ini berfungsi untuk mengetahui data jumlah tenaga kerja di Indonesia, apabila pemilik kartu belum mendapat pekerjaan maka setiap 6 bulan sekali wajib melapor dan akan diberikan informasi instansi mana yang masih membuka lowongan pekerjaan. Masa berlaku kartu kuning ini selama 2 tahun. Untuk itu diusahakan mengurus kartu kuning ini ke Kemenakertrans. 

Meskipun masih banyak persyaratan lainnya yang belum diuraikan secara lebih rinci seperti pengalaman kerja, bukti hasil penelitian dan lain-lain minimal Anda telah memiliki persyaratan standar untuk melamar pekerjaan.



Contoh Surat Lamaran Kerja 1
--------------------------------------

Hal : Lamaran Kerja
…………, 17 September 2013
Kepada Yth.
Bapak/Ibu Pimpinan PT. …………. Tbk
di ………….

Dengan Hormat,
Saya yang bertanda tangan dibawah ini,

Nama                      : ..............
Tempat/Tgl. Lahir  : ...............
Status                     : ...............
Agama                   : ................
Pendidikan            : .................
Alamat                  : ………….
HP                         : ………….
E-mail                   : .................

Merasa tertarik untuk bergabung pada perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin, dengan harapan dapat memberikan yang terbaik. Untuk itu, saya mengajukan surat lamaran kerja yang kiranya saya dapat diterima bekerja diperusahaan Bapak/ Ibu.

Saya adalah tipe pekerja keras, bisa bekerja sama dengan baik dan bertanggung jawab terhadap tugas-tugas yang diberikan, jujur, dapat dipercaya.

Bersama ini dilampirkan:
1. CV
2. Copy Ijazah dan Transkrip Nilai
3. Copy KTP
4. Pasphoto ukuran (..x..)

Persyaratan lain yang diperlukan, akan saya lengkapi kemudian.

Demikianlah permohonan ini saya buat dengan sesungguhnya, besar harapan saya untuk bisa bekerja diperusahaan Bapak/Ibu. Atas perhatian dan kemurahan hati Bapak/Ibu saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,


Andriawan Delta, MM

-------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------


Contoh Surat Lamaran Kerja 2
--------------------------------------

"Staff Bank / Teller"

Jl. Untuk Sahabat No 13
Tambunan, Jakarta 12345

17 September 2013

Yth;
Bpk. Gayus Tambunan
Direktur Personalia
PT. Bank Mandi Ri
Jl. Pelajar Malas No 13
Jakarta 34567

Dengan hormat,

Bapak Steve Job, kepala cabang Bank Bank Mandi Ri Depok, yang merupakan sahabat dari orang tua saya, menyarankan untuk menulis surat kepada bapak, mengenai kemungkinan adanya kebutuhan karyawan baru sehubungan dengan akan dibukanya cabang Bank Mandi Ri di daerah Aneka Warna, Jakarta Pusat. Bilamana memang benar, sudilah kiranya Bapak memberikan kesempatan kepada saya untuk mengisi kebutuhan tersebut.

Seperti tertulis dalam resume terlampir, saya adalah lulusan Fakultas Keuangan Dan Perbankan Universitas Tri Sakti Jakarta tahun 2009. Saya telah bekerja paruh waktu selama 4 bulan terakhir sebagai cashier di toko elektronik Engadget, Jakarta Pusat.

Saya mampu mengoperasikan komputer untuk melakukan pengolahan data maupun pembuatan laporan menggunakan MS Excel, MS Word dan PowerPoint, dan saya bersedia menggunakan kemampuan saya tersebut untuk pekerjaan administrasi.

Saya sangat ingin untuk bertemu Bapak dalam suatu kesempatan wawancara, dimana saya dapat menjelaskan kemampuan dan potensi diri saya secara lebih mendalam. Saya dapat dihubungi di nomor telepon 081-12345678.

Atas perhatiannya, saya sampaikan terima kasih.

Hormat saya,


M.nenek ku, spd
----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Contoh Surat Lamaran menggunakan E-mail
------------------------------------------------------


To : retailbank.recruits@sitigrup.com
Cc : -
Subject : Operator Komputer

Dengan hormat,
Sesuai dengan informasi pada harian KOMPAS, tanggal 17 September 2013, bahwa PT Loker Indonesia membutuhkan beberapa operator komputer, maka yang bertanda tangan di bawah ini, saya :

nama : Jojon Joni Jontor
alamat : Jl. Sulit Maju Susah Sukses No. 31 - Kali Banjir, Banyuasin
tempat, tanggal lahir : Banyuasin, 17 Juni 1983
pendidikan : STMIK Kom Palembang (Teknik Informatika)

bermaksud untuk mengisi lowongan pada pekerjaan tersebut.
Bersama ini saya lampirkan satu lembar daftar riwayat hidup dan data pendukung lainnya sebagai bahan pertimbangan dalam bentuk attachment.

Bila dikehendaki, saya bersedia memenuhi panggilan untuk dites dan diwawancarai.
Atas perhatian Bapak/Ibu, saya mengucapkan terima kasih.

Hormat saya,


------------------

     Demikian dan Semoga bermanfaat bagi kita, smoga sukses dalam pekerjaan nya, Aminnnnn..
was'salam wr.wb.. Salam Pemuda Karang Taruna.

0 komentar:

Posting Komentar

Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. PEMUDA KARANG TARUNA || AIR KUMBANG BANYUASIN I - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger