Kelengkapan
Syarat
Melamar Kerja. Setelah lulus kuliah atau lulus SLTA sebagian orang
disubukkan untuk mencari pekerjaan baik di instansi pemerintah maupun di
perusahaan swasta. Ada juga yang memilih membuka usaha sendiri, tapi
hal itu membutuhkan modal dan keahlian. Tanpa keahlian yang memadai
bisa-bisa modal yang dikeluarkan habis ditengah jalan tanpa hasil yang
sesuai harapan. Oleh karena itu hanya sedikit lulusan S1, D3 ataupun
SLTA yang memilih berwirausaha sendiri.
Bagi
yang ingin bekerja di instansi pemerintah ataupun perusahaan swasta
juga tidak mudah seperti yang dibayangkan, tidak sebandingnya tenaga
kerja dengan lowongan pekerjaan yang ada membuat persaingan dalam
mendapatkan pekerjaan menjadi tidak sehat. Sebagaimana tulisan kami
sebelumnya bahwa tidak sedikit
pelamar yang rela mengeluarkan uang sogok demi lamaran pekerjaannya
diterima, bila yang terjadi seperti ini maka persaingan dalam
mendapatkan pekerjaan sudah tidak sehat lagi.
Oleh karena itu diperlukan langkah-langkah yang dapat mempermudah
Anda dalam proses melamar pekerjaan, setidaknya Anda telah memiliki
kelengkapan persyaratan melamar kerja standar yang harus dipenuhi. Pada
kesempatan ini akan disajikan syarat dan kelengkapan dokumen apa saja
yang harus dipenuhi seorang pelamar kerja.
1. Surat lamaran kerja dan daftar riwayat hidup (curriculum vitae)
2. Fotokopi Ijazah/sertifikat yang dilegalisir.
7.Kartu Kuning (AK-1) Kemenakertrans
Kartu kuning (AK-1) yang dikeluarkan Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi ini biasanya wajib dimiliki pelamar kerja terutama di Instansi Pemerintah. Kartu kuning ini berfungsi untuk mengetahui data jumlah tenaga kerja di Indonesia, apabila pemilik kartu belum mendapat pekerjaan maka setiap 6 bulan sekali wajib melapor dan akan diberikan informasi instansi mana yang masih membuka lowongan pekerjaan. Masa berlaku kartu kuning ini selama 2 tahun. Untuk itu diusahakan mengurus kartu kuning ini ke Kemenakertrans.
Buatlah
surat lamaran yang sesuai dengan bidang pekerjaan yang Anda tuju dengan
kalimat yang baik dan menggunakan bahasa formal, tidak bertele-tele dan
jelas. Bila membutuhkan contoh Anda bisa melihat pada tulisan
sebelumnya mengenai Contoh SL
Disamping
surat lamaran kerja yang menjadi persyaratan utama adalah Curriculum
Vitae (CV) atau daftar riwayat hidup, pada dokumen ini berisi gambaran
diri Anda termasuk
profil pribadi, pengalaman kerja, prestasi dan lain-lain.
2. Fotokopi Ijazah/sertifikat yang dilegalisir.
Sebaiknya
Anda telah mempersiapkan fotocopy ijazah atau sertifikat keahlian yang
sudah dilegalisir lengkap dengan transkrip nilainya, hal ini sebagai
penunjang dari Curriculum Vitae yang Anda isi. Untuk itu ketika
melegalisir ijazah atau sertifikat keahlian usahakan dibuat agak banyak
karena sering diperlukan dalam dokumen kelengkapan persyaratan melamar
pekerjaan.
3. Fotokopy KTP
Perhatikan apakah masa berlaku KTP masih aktif atau sudah habis, segera perpanjang masa berlaku KTP ke Kelurahan bila sudah habis. Fotokopi secukupnya karena sering dipergunakan dalam proses lamaran pekerjaan. Hendaknya alamat yang tertera pada surat lamaran pekerjaan maupun CV sesuai dengan alamat yang tercantum dalam KTP
4. Pasfoto
Biasanya instansi yang membuka lowongan kerja meminta pasfoto dengan beberapa kriteria seperti ukuran, busana yang dikenakan dan latar belakang pasfoto. Oleh karena itu sebaiknya disiapkan pasfoto dengan ukuran 2x3, 3x4 dan 4x6cm dan usahakan saat foto Anda mengenakan jas dan dasi bagi laki-laki dan blazer bagi wanita, kemudian latar belakang yang umum biasanya berwarna merah atau biru. Tapi tidak ada salahnya juga dipersiapkan latar belakang putih dan pasfoto hitam putih dengan ukuran seperti tersebut di atas.
5. Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK)
SKCK atau dulu dikenal dengan Surat Keterangan Kelakuan Baik juga merupakan salah satu dokumen yang dibutuhkan dalam proses penerimaan lamaran pekerjaan, untuk itu persiapkan juga fotokopi SKCK yang sudah dilegalisir karena biasanya masa berlaku SKCK adalah 6 bulan.
6. Surat Keterangan Berbadan Sehat dari Dokter
Meski biasanya persyaratan ini baru dilengkapi setelah lulus pada tahap awal proses rekrutmen tapi tidak ada salahnya bila Anda telah mempersiapkannya, dan siapa tahu ada instansi/perusahaan yang mempersyaratkan Surat Keterangan Berbadan Sehat ini.
Perhatikan apakah masa berlaku KTP masih aktif atau sudah habis, segera perpanjang masa berlaku KTP ke Kelurahan bila sudah habis. Fotokopi secukupnya karena sering dipergunakan dalam proses lamaran pekerjaan. Hendaknya alamat yang tertera pada surat lamaran pekerjaan maupun CV sesuai dengan alamat yang tercantum dalam KTP
4. Pasfoto
Biasanya instansi yang membuka lowongan kerja meminta pasfoto dengan beberapa kriteria seperti ukuran, busana yang dikenakan dan latar belakang pasfoto. Oleh karena itu sebaiknya disiapkan pasfoto dengan ukuran 2x3, 3x4 dan 4x6cm dan usahakan saat foto Anda mengenakan jas dan dasi bagi laki-laki dan blazer bagi wanita, kemudian latar belakang yang umum biasanya berwarna merah atau biru. Tapi tidak ada salahnya juga dipersiapkan latar belakang putih dan pasfoto hitam putih dengan ukuran seperti tersebut di atas.
5. Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK)
SKCK atau dulu dikenal dengan Surat Keterangan Kelakuan Baik juga merupakan salah satu dokumen yang dibutuhkan dalam proses penerimaan lamaran pekerjaan, untuk itu persiapkan juga fotokopi SKCK yang sudah dilegalisir karena biasanya masa berlaku SKCK adalah 6 bulan.
6. Surat Keterangan Berbadan Sehat dari Dokter
Meski biasanya persyaratan ini baru dilengkapi setelah lulus pada tahap awal proses rekrutmen tapi tidak ada salahnya bila Anda telah mempersiapkannya, dan siapa tahu ada instansi/perusahaan yang mempersyaratkan Surat Keterangan Berbadan Sehat ini.
7.Kartu Kuning (AK-1) Kemenakertrans
Kartu kuning (AK-1) yang dikeluarkan Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi ini biasanya wajib dimiliki pelamar kerja terutama di Instansi Pemerintah. Kartu kuning ini berfungsi untuk mengetahui data jumlah tenaga kerja di Indonesia, apabila pemilik kartu belum mendapat pekerjaan maka setiap 6 bulan sekali wajib melapor dan akan diberikan informasi instansi mana yang masih membuka lowongan pekerjaan. Masa berlaku kartu kuning ini selama 2 tahun. Untuk itu diusahakan mengurus kartu kuning ini ke Kemenakertrans.
Meskipun
masih banyak persyaratan lainnya yang belum diuraikan secara lebih
rinci seperti pengalaman kerja, bukti hasil penelitian dan lain-lain
minimal Anda telah memiliki persyaratan standar untuk melamar pekerjaan.
Contoh Surat Lamaran Kerja 1
--------------------------------------
Hal : Lamaran Kerja
…………, 17 September 2013
Kepada Yth.
Bapak/Ibu Pimpinan PT. …………. Tbk
di ………….
Dengan Hormat,
Saya yang bertanda tangan dibawah ini,
Nama : ..............
Tempat/Tgl. Lahir : ...............
Status : ...............
Agama : ................
Pendidikan : .................
Alamat : ………….
HP : ………….
E-mail : .................
Merasa tertarik untuk bergabung pada perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin, dengan harapan dapat memberikan yang terbaik. Untuk itu, saya mengajukan surat lamaran kerja yang kiranya saya dapat diterima bekerja diperusahaan Bapak/ Ibu.
Saya adalah tipe pekerja keras, bisa bekerja sama dengan baik dan bertanggung jawab terhadap tugas-tugas yang diberikan, jujur, dapat dipercaya.
Bersama ini dilampirkan:
1. CV
2. Copy Ijazah dan Transkrip Nilai
3. Copy KTP
4. Pasphoto ukuran (..x..)
Persyaratan lain yang diperlukan, akan saya lengkapi kemudian.
Demikianlah permohonan ini saya buat dengan sesungguhnya, besar harapan saya untuk bisa bekerja diperusahaan Bapak/Ibu. Atas perhatian dan kemurahan hati Bapak/Ibu saya ucapkan terima kasih.
Hormat saya,
Andriawan Delta, MM
-------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Contoh Surat Lamaran Kerja 2
--------------------------------------
"Staff Bank / Teller"
Jl. Untuk Sahabat No 13
Tambunan, Jakarta 12345
17 September 2013
Yth;
Bpk. Gayus Tambunan
Direktur Personalia
PT. Bank Mandi Ri
Jl. Pelajar Malas No 13
Jakarta 34567
Dengan hormat,
Bapak Steve Job, kepala cabang Bank Bank Mandi Ri Depok, yang merupakan sahabat dari orang tua saya, menyarankan untuk menulis surat kepada bapak, mengenai kemungkinan adanya kebutuhan karyawan baru sehubungan dengan akan dibukanya cabang Bank Mandi Ri di daerah Aneka Warna, Jakarta Pusat. Bilamana memang benar, sudilah kiranya Bapak memberikan kesempatan kepada saya untuk mengisi kebutuhan tersebut.
Seperti tertulis dalam resume terlampir, saya adalah lulusan Fakultas Keuangan Dan Perbankan Universitas Tri Sakti Jakarta tahun 2009. Saya telah bekerja paruh waktu selama 4 bulan terakhir sebagai cashier di toko elektronik Engadget, Jakarta Pusat.
Saya mampu mengoperasikan komputer untuk melakukan pengolahan data maupun pembuatan laporan menggunakan MS Excel, MS Word dan PowerPoint, dan saya bersedia menggunakan kemampuan saya tersebut untuk pekerjaan administrasi.
Saya sangat ingin untuk bertemu Bapak dalam suatu kesempatan wawancara, dimana saya dapat menjelaskan kemampuan dan potensi diri saya secara lebih mendalam. Saya dapat dihubungi di nomor telepon 081-12345678.
Atas perhatiannya, saya sampaikan terima kasih.
Hormat saya,
M.nenek ku, spd
----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Contoh Surat Lamaran menggunakan E-mail
------------------------------------------------------
To : retailbank.recruits@sitigrup.com
Cc : -
Subject : Operator Komputer
Dengan hormat,
Sesuai dengan informasi pada harian KOMPAS, tanggal 17 September 2013, bahwa PT Loker Indonesia membutuhkan beberapa operator komputer, maka yang bertanda tangan di bawah ini, saya :
nama : Jojon Joni Jontor
alamat : Jl. Sulit Maju Susah Sukses No. 31 - Kali Banjir, Banyuasin
tempat, tanggal lahir : Banyuasin, 17 Juni 1983
pendidikan : STMIK Kom Palembang (Teknik Informatika)
bermaksud untuk mengisi lowongan pada pekerjaan tersebut.
Bersama ini saya lampirkan satu lembar daftar riwayat hidup dan data pendukung lainnya sebagai bahan pertimbangan dalam bentuk attachment.
Bila dikehendaki, saya bersedia memenuhi panggilan untuk dites dan diwawancarai.
Atas perhatian Bapak/Ibu, saya mengucapkan terima kasih.
Hormat saya,
------------------
Demikian dan Semoga bermanfaat bagi kita, smoga sukses dalam pekerjaan nya, Aminnnnn..
was'salam wr.wb.. Salam Pemuda Karang Taruna.
0 komentar:
Posting Komentar